KOMPONEN SISTIM TEKNOLOGI INFORMASI




KOMPONEN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi Informasi serta kebutuhan manusia terhadap saran teknologi baik untuk komunikasi, dunia pendidikan, Industri, Perbankan dll. Maka komponen – komponen teknologi  informasi juga turut berkembang guna untuk memenuhi tuntutan zaman serta guna mempermudah manusia dalam menjalankan aktifitasnya dan begitu juga terhadap dunia industri,pendidikan, perbankan dll.

Pengertian dari komponen Sistem teknologi Informasi adalah suatu alat yang terkoneksi dalam suatu sistem Informasi Teknologi yang digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data.

Komponen- komponen dasar dari sistem teknologi Informasi dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Gambar  Lima komponen sistem  informasi

Konsep-Konsep Dasar :

Komponen-Komponen Sistem Informasi :

  1. Hardware atau perangkat keras.
  2. Software atau perangkat lunak.
  3. Basis data yang merupakan suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehing memudahkan pencarian informasi.
  4. Prosedur yang merupakan suatu kumpulan aturan yang digunakan untuk mewujudkan suatu  pemprosesan data sehingga menghasilkan output.
  5. Brainware yang merupakan otak dari kita sendiri

l Hardware atau perangkat keras

Hardware terdapat tiga macam komponen standar yaitu input, output dan jaringan. Dimana semua komponen tersebut dapat dihubungkan dengan hardware. Komponen input terdiri dari, Mouse, Keyboard, Alat penunjuk, Joystick, Gamepad, Bar code reader dan lainnya. Komponen output seperti printer, monitor dan speaker. Sedangkan komponen jaringan berupa modem dan kartu network.

l  Software atau perangkat lunak

Software merupakan sebuah aplikasi atau pun sistem yang berada di dalam hardware yang biasanya berfungsi untuk mengoperasikan suatu aplikasi dalam hardware. Software bentuknya bermacam-macam, ada yang berbentuk program seperti java programming dan ada juga yang berbentuk aplikasi seperti browser yang digunakan untuk melakukan browsing secara internet.

Basis data merupakan suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehingga mempermudah pencarian informasi. Di bagian basis data terdapat penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya, penjelasan tersebut disebut skema. Skema tersebut menggambarkan objek yang mewakili basis data dan hubungan dari objek tersebut. Ada berbagai macam pemodelan basis data yaitu model rasional, yang memiliki semua informasi dalam bentuk berupa tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri baris dan kolom, serta ada model hierarkis dan model jaringan.

l Prosedur                                                          ( Prosedur entri data, prosedur perbaikan kesalahan, prosedur

pendistribusian cek gaji ).

l Brainware/ Manusia

Para Pakar                                                       ( Sistem Analis,Pembuat Software, Operator Sistem )

Pemakai Akhir (end user/ Klien)              ( Orang lainnya yang menggunakan sistem informasi )

Brainware adalah kemampuan individual dalam melakukan pengolahan.

Dari kelima komponen sistem informasi yaitu Computer hardware yang meliputi input hardware, processing hardware, storage hardware, dan output hardware.

  1. 1. INPUT HARDWARE

Input hardware digunakan untuk mentransmisikan data ke processing dan storage hardware. Peralatan yang paling populer untuk memasukkan data yaitu kombinasi antara keyboard dan layar monitor. Layar monitor dianggap sebagai bagian dari input hardware karena digunakan untuk memeriksa apakah data yang akan dimasukkan telah diketik. Di samping jenis input hardware di atas, terdapat juga input hardware lainnya yaitu mouse, scanner, voice recognition device, hardwriting recognition device, machine data input (mis : modem), light pen, Touchpad dan bar code reader.

Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.Pergerakan mouse menghasilkan suatu gerakan yang berhubungan dengan pointer pada layar monitor. Pada umumnya mouse digunakan dalam aplikasi yang berorientasi grafis, misalnya Windows produksi Microsoft.

Touchpad unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.

Light Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

Joy Stick dan Games Paddle Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer

Voice recognition device dipakai untuk memasukkan suara manusia ke dalam signal interpreter. Kebanyakan voice systems yang digunakan sekarang mempunyai vocabulary yang kecil dan harus dilatih untuk mengenal kata-kata tertentu. Caranya, seseorang membacakan sebuah daftar kata-kata yang biasa digunakan sehingga signal interpreter dapat menetapkan polanya. Misalnya pekerja menyebut box yang mereka bawa. Voice input diperlukan karena tangan pekerja sibuk dan tidak dapat mengetik atau memanipulasi peralatan ketik input device lainnya.

Handwriting recognition device digunakan untuk memasukkan data dengan cara menulis pada pad elektronis yang sensitif. Karakter-karakter tersebut dikenali dan dimasukkan ke dalam sistem komputer, biasanya suatu sistem PC (personal computer).

Modem merupakan salah satu jenis alat input data untuk menghubungkan komputer dengan komputer lain melalui jaringan telepon. Jenis input hardware lainnya yaitu light pen yang digunakan untuk menunjuk item-item pada layar monitor dan bar code reader yang biasa digunakan di supermarket untuk mengidentifikasi suatu jenis barang.

Barcode reader termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

  1. 2. PROCESSING HARDWARE

Processing hardware meliputi peralatan yang bertugas untuk menghitung, membandingkan dan melaksanakan instruksi-instruksi khusus. Dalam CPU (Central Processing Unit) terdapat control unit, ALU (Arithmetic Logic Unit), dan system memory yang kadang-kadang disebut main memory. Control unit mengambil instruksi-instruksi dari system memory dan menterjemahkannya. ALU melaksanakan instruksi yang telah diterjemahkan. System memory digunakan untuk menyimpan instruksi data dan instruksi program. Untuk menghubungkan CPU dengan peralatan komputer lainnya digunakan data bus atau processor channel. Processor channel terdapat pada mother board, mempunyai expansion slots yang berfungsi untuk menghubungkan dengan peralatan tambahan seperti floppy disks, plotters, printers, mouse, modem, multimedia, dll.

Kapasitas komputer dapat diukur dari kecepatan pemrosesan dan  kemampuan ALU untuk memanipulasi data dalam 1 cycle. Kecepatan pemrosesan dapat dinyatakan dalam cycle per second (biasanya dalam satuan MHz) atau dalam instruksi per second, biasanya dalam satuan millions of instructions per second (MIPS). Jumlah data yang dapat dimanipilasi oleh ALU dalam 1 cycle diukur dalam satuan bits (binary digits) dan biasa dipakai sebagai ukuran microprocessor, misalnya : microprocessor Zilog Z-80 merupakan procerssor 8 bit. Microprocessor sekarang yang lebih modern dapat memproses 16, 32, atau 64 bit data, dan bahkan ada yang mempunyai kemampuan lebar bit yang lebih besar.

Ada dua jenis dasar processor memory, yaitu ROM (read only memory) yang bersifat non-volatile dan RAM (random access memory) yang bersifat volatile (isi RAM akan hilang jika power off).

Processing hardware dapat dikelompokkan dalam tiga kategori, yaitu mainframe computer, minicomputer, dan microcomputer. Tetapi sekarang pengelompokan ini sudah agak kabur karena sering terjadi overlap di antara pengelompokan tersebut. Untuk mudahnya dapat kita lihat tabel berikut ini.

Type Application Speed Memory Size Number of Con-current Users
Mainframe Enterprise Informa-tion Systems 10 – 100+MIPS 32-500 MB Hundreds
Minicomputer Workgroup & Small Enterprise System 4 – 40+ MIPS 24-25 MB Dozens
Microcomputer Personal Computing 0.5 – 20+MIPS 0.5-100+MB 1 or dozen in LAN

Ada dua macam Emerging Processor Architectures yaitu complex instruction set computers (CISCs) dan reduced instruction set computers (RISCs). CISCs merupakan jenis CPU konvensional yang mengandung rangkaian untuk mengeksekusi satu range yang lebar dari instruksi-instruksi komputer, sedangkan RISCs merupakan jenis CPU yang hanya menggunakan instruksi-instruksi yang sering digunakan sehingga dapat memproses instruksi 10 kali lebih cepat atau lebih daripada CISCs processor. Beberapa vendor besar seperti IBM, Compaq, Hewlett-Packard, dan Digital Equipment Corporation (DEC) sedang mengembangkan komputer yang bekerja menggunakan RISCs processor.

  1. 3. STORAGE HARDWARE

RAM dipakai untuk menyimpan data atau program yang sedang aktif diproses. RAM tidak dapat dipakai sebagai storage hardware karena kapasitas RAM terbatas dan RAM bersifat volatile, dimana data akan hilang jika sistem shut down. Sebagai penggantinya dipakai external magnetic media untuk menyimpan data dan program yang sedang tidak aktif diproses. Ada dua jenis magnetic storage hardware yaitu disk dan tape.

Disk storage banyak digunakan sebagai medium storage dalam industri sistem informasi. Disk storage terdiri atas tracks dan sectors yang merupakan tempat menyimpan data secara magnetik. Data dibaca dan direkam dengan menggunakan read/write heads. Berikut dapat dilihat perbandingan kapasitas disk pada tabel di bawah ini :

Type Size Capacity
Diskette 5-1/4 inches 1.2 MB
Diskette 3-1/2 inches 1.4 MB
Stacked Disk – Microcomputer 5-1/4 inches 100-1000 MB
Stacked Disk – Minicomputer and Mainframe Computer 10-15 inches 0.1-100+ GB

Tape storage merupakan storage yang berbentuk magnetic tape. Keuntungannya yaitu harganya relatif lebih murah, sedangkan kerugiannya yaitu data hanya dapat diakses secara berurutan.

Jenis storage hardware lainnya adalah optical storage hardware. Keuntungan optical disk ialah mempunyai kapasitas yang tinggi, compact, dan durable storage. Sedangkan kerugiannya : sulit untuk merubah data, dan lebih mahal.

Ada  tiga macam optical storage hardware, yaitu :

CD-ROM (compact disk – read only memory), populer digunakan pada multimedia. Optical storage data direkam dengan menggunakan laser untuk membakar lekukan kecil pada permukaan metal master disk. Selanjutnya seperti audio CD, hanya dapat dibaca dan tidak dapat dipakai untuk merekam lagi.

WORM (write-once/read-many) optical disk, merupakan disk yang hanya dapat ditulisi sekali kemudian hanya dapat dibaca dan tidak dapat dipakai untuk merekam lagi. WORM device dipakai untuk memelihara satu record permanen yang penting dari seluruh data. Misalnya proses transaksi pada jaringan keuangan.

Erasable optical disks, dapat dibaca dan ditulisi.

  1. 4. OUTPUT HARDWARE

Jenis output hardware yang banyak digunakan yaitu printer. Printer dapat diklasifikasikan dalam beberapa cara, salah satu diantaranya character printers, line printers, dan page printers. Character printers umumnya berharga murah, mencetak per karakter, dan lambat.  Line printers mencetak per baris, dipakai untuk mencetak sejumlah besar bentuk standard seperti invoice bulanan. Page printers mencetak per halaman, seperti mesin photo copy dan biasanya menggunakan laser untuk menghasilkan printed character.

Klasifikasi berikutnya yaitu impact printers dan nonimpact printers. Impact printers memukul kertas saat mencetak sehingga lebih berisik, misalnya dot matrix printer memukul pita karbon untuk menghasilkan cetakan pada kertas. Sedangkan nonimpact printers menggunakan sitem photoelectric untuk mencetak karakter, misalnya laser printer.

Bit-mapped printer bekerja atas dasar pengalamatan pada setiap dot yang membentuk baris dan kolom halaman kertas. Setiap dot pada halaman kertas dapat diset on (printed) atau off (not printed). Keuntungannya : dapat mencetak karakter dan gambar dengan mulus, tetapi kerugiannya : komputer harus mengirim lebih banyak instruksi dan data ke printer untuk mengcover data dan alamat setiap dot.

Output device lainnya adalah voice output, plotter dan layar  monitor. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, layar  monitor dapat juga digolongkan sebagai input device. Plotter mempunyai fungsi yang lebih rumit sehingga dapat digunakan untuk membuat grafik, diagram, peta, microfiche, dan microfilm.

Komponen Jaringan Komputer

Jaringan Komputer tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software,yaitu:
1. Komponen Hardware
Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel dan topologi jaringan.
2. Komponen Software
Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan

  1. 1. Komponen Jaringan Hardware
  • Personal Komputer

Personal komputer atau PC merupakan perangkat utama dalam suatu jaringan komputer. PC ini lah yang akan bekerja mengirim dan mengakses data dalam jaringan. Kemampuan suatu PC sangat menentukan sekali unjuk kerja dari jaringan. Semakin tinggi kemampuan suatu PC maka akses yang dilakukan pun akan semakin cepat .

  • Network Internet Card (NIC)

NI C merupakan port yang menghubungkan komput er dengan j aringan. Port atau Card ini bergabung didalam Personal Computer yang menempel pada Main Board. Berdasarkan t ipe bus, ada beberapa tipe Network I nterface Card (NI C) atau Network Card, yaitu ISA dan PCI . Saat ini jenis Net work Card yang banyak digunakan adalah PCI karena PCI memiliki kemampuan transfer data didalam komputer lebih tinggi dari pada I SA.

  • Modem

Modem adalah alat komunikasi dua arah.Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

  • Hub/Switch

HUB atau Switch digunakan untuk menghubungkan setiap nodedalam jaringan LAN. Peralat an ini sering digunakan pada topologi star dan extended star.

  • Bridge

Bridge adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan. Bridge berfungsi untuk menghubungkan dan menggabungkan media jaringan yang tidak sama seperti kabel unshielded twisted pair (UTP) dan kabel fiber-optic, dan untuk menggabungkan arsitektur jaringan yang berbeda seperti Token Ring dan Ethernet. Bridge meregenerate sinyal tetapi tidak melakukan konversi protocol, jadi protocol jaringan yang sama (seperti TCP/I P) harus berjalan kepada kedua segemen jaringan yang terkoneksi ke bridge. Bridge dapat juga mendukungSimple Network Management P r otocol(SNMP), serta memiliki kemampuan diagnosa jaringan.

  • Router

Router adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan dengan melanjutkan paket-paket dari satu jaringan logika ke jaringan yang lain. Router banyak digunakan di dalam internetwork yang besar menggunakan keluarga protocol TCP/IP dan untuk menghubungkan semua host TCP/IP dan Local Area Network (LAN) ke internet menggunakandedicated leased line. Saat ini, masih banyak perusahaan menggunakan router Cisco 2500 series untuk mengkoneksikan dua buah LAN (WAN dengan anggota dua LAN), LAN keI SP (I nternet Service Provider). Koneksi seperti ini menyebabkan semua workst ation dapat terkoneksi ke internet selama 24 j am.

  • Pengkabelan

Jaringan komputer pada dasarnya adalah jaringan kabel yang menghubungkan sat u sisi dengan sisi yang lain, namun bukan berarti kurva tertutup, bisa jadi merupakan kurva terbuka dengan sebuah terminator diujungnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, penghubung ant ar komput er pun mengalami perkembangan, mulai dari teknologi telegraf yang memanfaatkan gelombang radio hingga teknologi serat optik dan laser.

Pemilihan jeniskabel sangat terkait erat dengan topologi jaringan yang digunakan. Sebagai contoh untuk jenis topologi Ring umumnya menggunakan kabel Fiber Optik (walaupun ada juga yang menggunakan twisted pair). Topologi Bus banyak menggunakan kabel Coaxial. Kesulitan utama dari penggunaan kabel coaxial adalah sulituntuk mengukur apakah kabel coaxial yang dipergunakan benar- benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NI C (Network I nterface Card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi jaringan Star banyak menggunakanj enis kabel UTP.

Ada tiga jenis kabel yang pada umumnya digunakan dalam jaringan,

yaitu:

v Coaxial cable

v Fiber Optik

v  Twist ed pair

  1. a. Coaxial Cable

Kabel ini terbagi menjadi dua jenis yaitu thick coaxial cable (mempunyai diameter lumayan besar) dan thin coaxial cable (mempunyai diamet er lebih kecil).

1) Thick coaxial cable

Kabel coaxial jenis ini dispesifikasikan berdasarkan standar I EEE 802.3 10BASE5, dimana kabel ini mempunyai diameter rat a-rata 12mm, dan biasanya diberi warna kuning. K abel j enis ini biasa disebut sebagai Standard Ethernet atau Thick Et hernet , at au hanya disingkat ThickNet . K abel Coaxial ini jika digunakan dalam jaringan mempunyai spesifikasi dan aturan sebagai berikut:

  • Setiap ujung harus diterminasi dengan terminator 50-ohm (dianjurkan menggunakan terminator  yang sudah dirakit, bukan menggunakan satu buah resistor 50-ohm 1 watt, sebab resistor mempunyai disipasi tegangan yang cukup lebar).
  • Maksimum 3 segment dengan peralat an t erhubung (at t ached devices) atau berupa populated segments.
  • Setiap Card Jaringan mempunyai pemancar tambahan (External Transceiver).
  • Setiap segment maksimum berisi 100 perangkat jaringan, termasuk dalam hal ini Repeaters.
  • Maksimum panjang kabel per segment adalah 1.640 feet (at au sekitar 500 meter).
  • Maksimum jarak antar segment adalah 4.920 feet (atau sek i t ar 1500 meter).
  • Setiap segment harus diberi ground.
  • Jarak maksimum antara pencabang dari kabel utama keperangkat (device) adalah 16 feet (seki t ar 5 meter).
  • Jarak minimum antar tap adalah 8 feet (sekitar 2,5 meter).

2) Thin Coaxial Cable

Kabel coaxial jenis ini banyak dipergunakan di kalangan radio amatir, terutama untuk Transceiver yang tidak memerlukan output daya yang besar. Untuk digunakan sebagai perangkat jaringan, kabel coaxial jenis ini harus memenuhi standar IEEE 802.3 10BASE2, dimana diamet er rat a-rata berkisar 5mm dan biasanya berwarna hitam atau warna gelap lainnya. Setiap perangkat (device) dihubungkan dengan BNC Tconnect or.

Kabel jenis ini juga dikenal sebagai Thin Ethernet atau ThinNet . Kabel coaxial jenis ini, misalnya jenis RG-58 A/U at au C/U, jika diimplementasikan dengan Tconnector dan Terminator dalam sebuah jaringan, harus mengikuti aturan sebagai berikut :

  • Setiap ujung kabel diberi terminat or 50 ohm.
  • Panj ang maksimal kabel adalah 1,000 feet (185 meter) persegment .
  • Setiap segment maksimum terkoneksi sebanyak 30 perangkat jaringan (devices).
  • Card Jaringan cukup menggunakan transceiver yang onboard, tidak perlu tambahan transceiver, kecuali untuk repeater.
  • Maksimum ada 3 segment terhubung satu sama lain (populat ed segment ).
  • Setiap segment sebaiknya dilengkapi dengan satu ground.
  • Panjang minimum antar TConnect or adalah 1,5 feet (0.5 meter).
  • Maksimum panjang kabel dalam satu segment adalah 1,818 feet (555 meter).
  1. b. Fiber Optic

Jaringan yang menggunakan Fiber Optic (FO) biasanya perusahaan besar, dikarenakan harga dan proses pemasangannya lebih sulit. Namun demikian, jaringan yang menggunakan FO dari segi kehandalan dan kecepatan tidak diragukan. Kecepatan pengiriman data dengan media FO lebih dari 100Mbps dan bebas pengaruh lingkungan.

  1. c. Twist ed Pair Ethernet

Kabel Twisted Pair ini terbagi menjadi dua jenis yaitu shielded twisted pair (STP) dan unshielded twisted pair (UTP). STP adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus sedangkan UTP tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel j enis ini menggunakan konektor RJ-11 at au RJ-45. Pada t wist ed pair (10 BaseT) network, komput er disusun membent uk suatu pola Star. Setiap PC memiliki satu kabel twisted pair yang tersentral pada HUB. Twisted pair umumnya lebih handal (reliable) dibandingkan dengan thin coax, karena HUB mempunyai kemampuan data error correction dan meningkat kan kecepat an transmisi.

Saat ini ada beberapa grade atau kategori dari kabel t wisted pair. Kategory tersebut dapat dilihat pada tabel dibawah: Pemberian kategori 1/2/3/4/5/6 merupakan kategori spesifikasi untuk masing- masing kabel tembaga dan juga untuk jack. Masing-masing merupakan seri revisi atas kualitas kabel, kualitas pembungkusan kabel (isolator) dan juga untuk kualitas “belitan” (twist) masing- masing pasang kabel. Selain itu juga untuk menentukan besaran frekuensi yang bisa lewat pada sarana kabel tersebut, dan juga kualitas isolator sehingga bisa mengurangi efek induksi antar kabel (noise bisa ditekan sedemikian rupa). Perlu diperhatikan juga, spesifikasi antara CAT5 dan CAT5 enchanced mempunyai standar industri yang sama, namun pada CAT5e sudah dilengkapi dengan insulator untuk mengurangi efek induksi atau electromagnetic interference. Kabel CAT5e bisa digunakan untuk menghubungkan net work hingga kecepat an 1Gbps.

RG 45

RG 45 Merupakan sebuah alat yang seperti konektor yang di pasang ke kabel UTP dan disambungkan kePort LAN pada Motherboard atau pada LAN Card.

Ada pun Settingan Rg45 tersebut sehingga menjadi Suatu alat yang berfungsi untuk Connect kan Suatu Jaringan Berbasis LAN , MAN & WAN Sbb:

  1. 1. Kabel STRAIGHT

Kabel Straight Berfungsi Untuk MengConnectkan CPU Ke HUB .Susunan Kabel Straight adalah :

Kabel Pertama Kabel Kedua

Putih Orange – Orange                                       Putih Orange – Orange

Putih Hijau – Biru                                               Putih Hijau – Biru

Putih Biru – Hijau                                               Putih Biru – Hijau

Putih Coklat – Coklat                                        Putih Coklat – Coklat

  1. 2. Kabel Cross

Kabel Straight Berfungsi Untuk MengConnectkan CPU Ke CPU Susunan Kabel Cross adalah :

Kabel Pertama                                               Kabel Kedua

Putih Orange – Orange                                  Putih Hijau – Hijau

Putih Hijau – Biru                                             Putih Orange – Biru

Putih Biru – Hijau                                             Putih Biru – Orange

Putih Coklat – Coklat                                      Putih Coklat – Coklat

Sekilas pengenalan komponen-komponen Teknologi Informasi.

  1. 1. MOTHERBOARD

Chipset

chip atau chipset merupakan potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer dalam bentuk kombinasi sirkuit elektronik yang berukuran micro . Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor anda. CPU salah satu contoh chip yang sangat penting. Contoh chipset motherboard, yaitu RS780, P45, dan lain-lainnya.

FSB ( Front Side Base )

Pada microprocessor, FSB menghubungkan processor  dengan memory utama. Dan juga diginakan untuk mengominikasikan antara Processor dengan komponen lainnya yang ada di Motherboard.

Heat Sink Fan (HSF )

Sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari aluminium. Penggunaan Fan di pakai sebagai penyerap suhu panas dan berguna untuk meningkatkan kestabilan  kerja komputer.

IDE

Integrated Drive Electronik, Sebuah type hardware interface yang berfungsi untuk menghubungkan harddisk,CDROM dan Drive Tape pada sebuah PC.

IDE Controller

Salah satu fungsi  yang dimiliki chipset pada motherboard, untuk mengatur komunikasi data Harddisk, CDROM dan lain-lain, serta Managenya.

LGA 775

Memiliki  kepanjangan  LAND GRID ARRAY, adalah jenis socket yang digunakan CPU khususnya intel, dimana kini Pin berada di Socket, bukannya di Processor lagi.

PATA/ATA

Parallel Advance Technology Attachmen, Yakni sebuah implementasi komunikasi data secara parallel dari Disk Drive dengan kontroller  berbasis IDE dengan lebar data sebesar 8 bit.

SATA  ( Serial ATA )

Sebuah evolusi dari  Paralel ATA pada interface penyimpanan data yang menggunakan komunikasi serial dan penghubung secara poin to poin sehingga mencapai kecepatan transfer hingga 150 Mbps.

  1. VIDEO CARD

Anti Aliasing

Proses menghilangkan atau setidaknya mengurangi efek jaggies (sudut-sudut lancip) pada suatu tampilan hasil renderring. Sehingga tampilan tampak lebih realistis.

GPU

Grafik Processing Unit adalah processor yang digunakan pada video card guna memproses gambar.

Pixel Pipeline

Unit dari sebuah GPU, tempat terjadinya transfer informasi pixel maupun pemprosesannya. Di mana, semakin banyak pixel pipeline, maka semakin banyak pukla jumlah pixel yang dapat diproses oleh GPU.

Vertex Processor

Vertex processor atau vitex pipeline adalah salah satu unit dari GPU yang berfungsi sebagai pembawa informasi geometri (dalam bentuk titik-titik vektor), atau juga langsung mengolahnya jika perlu.Pemrosesannya sendiri bisa dalam bentuk fungsi tetap (pada DirectX 7.0 ke bawah), atau dalam bentuk fungsi terprogram dengan vertex shader (Directx 8.0 hingga terbaru).

Core Clock

Nilai Frekuensi yang dimiliki chip grafis pada video card. Biasanya  semakin besar nilai frekuensi ini, maka semakin tinggi kinarjanya. Nili frekuensi ini dinyatakan dalam satuan Hz(Hertz), dan juga biasa ditambahkan cakupan nilai seperti Mega (jutaan), Giga (milyaran), dan sebagainya.

Memory Clock

Sama seperti pada core clock, ia menunjukkan kecepatan kerjauntuk chip memory. Sama, ia juga dinyatakan dalam satuan Hertz (Hz).

HDR

High Dynamic Range adalah prosedur renderring pencahayaan yang didesain untuk mengemulasi bagaimana level-level cahaya di dunia nyata bervariasi untuk jangkauan area yang luas. Hal ini biasanya didapatkan dengan menggunakan data floating-point untuk tekstur dan target yang akan di-render juga termasuk penggunaan algoritma pencahayaan yang sesuai. Meski menawarkan efek visual yang lebih menarik, namun mengaktifkan efek ini memilliki performance hit yang cukup besar bagi kebanyakan VGA.

Direct3D

Salah satu fungsi Api pada microsoft directX. API ini digunakan untuk control terhadap renderring grafis 3D.

D-Sub

Standar output port yang dipakai dari video card ke monitor dengan menggunakan koneksi 15 pin

DVI-I

Salah satu varian DVI yang dapat dilalui sinyal analog maupun digital DVI sendiri.

PCI Express

PCI Express (Pcle), sebelum dikenal dengan nama 3GIO ( 3rd generation I/O). Saat ini video card menggunakan interface jenis ini, untuk meningkatkan bandwidth transfer data.

  1. SPEAKER

Amplifier

Amplifier atau penguat adalah komponen elektronika yang dipakai untuk menguat daya (atau tenaga secara umum). Dalam bidang audio, Amplifier akan menguatkan signal suara (dalam bentuk arus listrik).

Pada bagian inputnya menjadi arus listrik yang lebih kuat dibagian outputnya.

Audio Control Pad

Adalah pernti pendukung speaker yang dapat melakukan perubahan seting pada suara yang dihasilkan speaker atau sejenis Equalizer. Auxilary Line in salah satu input line dari speaker atau perangkat audio yang dapat digunakan oleh perangkat output audio, seperti PC, Player, TV, dan lain sebagainya.

Coaxial

Adalah satu bentuk kabel yang digunkan sebagai interkoneksi antara peralatan elektronik dan mengirim data audio atau video. Kabel jenis ini, memiliki karakteristik penggunaan satu buah pin ditengah sebagai pengirim data, dan dikelilingi pelindung logam yang berperan sabegai ground. Selain mengirim data analog, Coaxial juga dapat mengirim data digital.

Decoder

Dapat Berupa software atau hardware, yang digunakan untuk mengubah data audio maupun video dari bentuk format digital menjadi bentuk aslinya. Yang biasanya berbentuk data analog seperti suara atau gambar.

Driver atau tranducer

Adalah nama lain dari speaker itu sendiri, dimana tidak termasuk bokes maupun komponen elektronik lainnya seperti amplifier. Ukuran tiap driver biasanya ditentukan dari diameter membran speaker dengan satuan inchi.

Egualizer

Alat untuk memperbaiki kualitas ferkuensi yang diterima suatu rangkaian transmisi. Alat ini biasanya dirangkaikan bersama alat transmisi lain.

High Level Frequency

Frekuensi level tinggi pada audio, biasanya berkisar antara 3 KHz dan 16 KHz atau diatasnya. Ia lebih dikenal dengan sebutan treble.

Middle Level Frequency

Frekuensi level menengah yang dimiliki cakupan antara 250 Hz hingga 3 KHz. Pada sitem audio biasanya reproduksi untuk renge frekuensi ini di serahkan pada driver medium midrange/menengah.

Low Level Frequency

Range frekuensi dibawah 250 Hz. Untuk benar-benar dapat menghadirkan nada pada kisaran frekuensi ini, ditambahkan speaker khusus yang disebut subwoofer yang dilengkapi komponen-komponen filtering tambahan, reproduksi audio tingkat ini, membutuhkan power paling besar dibandingkan lainnya.

  1. TV TUNER

Analog

Adalah suatu bentuk penyaluran sinyal-sinyal frekuensi tertentu. Bisanya dalam berbentuk listrik,gelombang ,dan lain sebagainya. Sinyal analog tidak memiliki perbedaan yang jelas antara nilai variabel satu dengan nilai variabel lainnya(continuos),atau perubahan kedalam variabel sinyal yang satru lainnya berlanjut secara berkala.hal ini berbeda dengan sinyal digital yang lebih jelas/diskrit.

Composite

Sejenis intekoneksi kabel didunia audio video untuk beragam peralatan elektronik,seperti DVD player,VCR,camcorder,dan lain-lainnya.umum nya,ia berukuran 3,5 inci.

Digital

Dalam hal broadcasting sinyal audioo maupun video,bukan hanya bentuk analog saja.bentuk sinyal digital juga sudah diimplemasikan,dimana metoda untuk menyimpan,memproses, dan juga mengirim data dalam bentuk pulsa-pulsa listrik yang memiliki perbedaan jelas satu sama lainnya , yang biasa di repredisentasikan dalam bentuk 0 ( tidak ada sinyal/lemah ) dan 1 ( terdapat sinyal/kuat )

NTSC

NTSC adalah sistem televisi analog yang di gunakan di Amerika serikat dan bnyak negara lainnya , termasuk amerika dan bebarapa bagian Asia Timur . nama nya di ambil dari National Television Sytem ( s ) Committee, Badan yang menciptakannya .

SCANNING

Proses yang menggunakan alat input Elektonik tertentu ( Dalam hal ini TV TUNER ) untuk mengubah informasi analog dari gelombang Broadcast yang di dapat ( bisa juga Digital ),Agar bisa di kenali oleh kumputer untuk di olah sehingga dapat muncul di monitor dalam bentuk gambar,dan suara di speaker

PAL

Kependekan dari phase – alternating line ( bahasa indonesia : garis alternasi face ) , adalah sebuah encoding warna yang digunakan dalam siaran televisi .PAL di kembangkan di JERMAN oleh Walter Bruch yang bekerja di Telefunken.

  1. 5. NETWORKING

Wireless

802.11a

Ini adalah standart wireless dengan maksimum data transfer rate 54Mbps dan bekerja pada frekuensi  5Ghz.

802.11b

Standart wireless network dengan maksimum data transfer rate 11Mbps dan bekerja pada frekuensi 2.4 Ghz

802.11g

Standart wireless network dengan maksimum data transfer rate 54 Mbps (typical 200Mbps )  dan bekerja pada frekuensi  2.4 Ghz dengan backward compatibility berperangkat 802.11b.

802.11n

Standart wireless network dengan maksimum data transfer rate 600 Mbps  dan bekerja pada frekuensi  2.4 Ghz atau 5 Ghz  standart spesifikasi 802.11n.

Access Poin

Suatu alat yang memungkinkan komputer yang berperangkatkan wireless dan alat2 lainnya untuk dapat berkomunikasi via jaringan berkabel. Ini juga digunakan untuk memperluas jangkauan dari sebuah jaringan nirkabel dengan menempatkan accsess poin di posisi remote.

Channel

Didunia komuniksi  channel merujuk kepada media yang digunakan untuk membawa informasi dari si pengirim  ( Transmitter ) kepada Si Pembawa ( Reciver ).

ETHERNET

Suatu protokol Lokal Area Network  ( LAN ) yang dikembangkan oleh Xerox Corporation bersama dengan DEC dan Intel  pada sekitar tahun 1976.Protokol ini salah satu standart Lan yang paling banyak di gunakan.

FIREWALL

Firewall lah yang sangat menentukan informasi yang dapat masuk dan keluar melaluinya . NAT akan menyembunyikan lokal IP dari  Network di luar firewall. Ini akan mengamankan cilent untuk di access dari luar firewall ataupun melihat file- file didalamnya.

LAN ( Lokal Area Network )

Adalah sekumpulan PC yang terkoneksi dalam area yang relatif kecil seperti pada Home Network.

MAC Address ( Media Accsess Control )

Adalah ID yang dimiliki pada device yang terhubung dengan Network seperti Ethernet Controler serta wireless controler.

MIMO ( Multiple  Input Multiple Output )

Yaknik teknik transmisi data dengan menggunakan beberapa jalur sinyal data sekaligus, untuk meningkatkan Troughput. Teknik ini mengeksploitasi fenomena dari suatu sinyal yang tersebar dengan membentuk beberapa jalur ketika di transmisikan, daripada mencoba untuk mencoba untuk menghilangkannya.

NAS ( Network Accsess Storage )

Adalah Perangkat yang didedikasikan  sebagai  storage file Server sharing. Ia adalah bagian terpisah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: