MEMBUAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)


MEMBUAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS

(PTK)


(dipresentasikan dalam kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan guru dalam menyusun Penelitian Tindakan Kelas pada Sekolah Dasar Negeri 02 Pekan Selasa Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan)

Sabtu, 5 Desember 2009

Oleh:

Rahmad, M.Pd

TAHUN 2009

PEDOMAN PENULISAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

  1. JUDUL PENELITIAN

Judul hendaknya ditulis dengan singkat dan spesifik. Hal utama yang seharusnya tertulis di dalam judul adalah gambaran dari apa yang dipermasalahkan. (Misalnya: PENINGKATAN HASIL BELAJAR) dan bentuk tindakan yang akan dilakukan untuk mengatasi masalahnya (Misalnya: PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF).

Umumnya dibawah judul dituliskan pula subjudul. Subjudul ditulis untuk menambahkan keterangan lebih rinci tentang populasi, misalnya dimana penelitian dilakukan, kapan, dikelas berapa, dan lain-lain.

Berikut contoh judul PTK:

  1. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATAPELAJARAN ………………….. (tuliskan nama matapelajarannya atau topik bahasan/bagian dari mata pelajarannya) DI KELAS VI SD NEGERI 02 PAUH DUO PEKAN SELASA KABUPATEN SOLOK SELATAN.
  2. PENINGKATAN KRETIVITAS SISWA DALAM PROSES BELAJAR MATAPELAJARAN ……………………… (tuliskan nama matapelajarannya atau topik bahasan/bagian dari mata pelajarannya) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN.
  3. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATAPELAJARAN …………
  4. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN ………………… MELALUI PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING.
  5. PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISTIK DAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN …………….. UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMAHAMAN KONSEP.

BAB I

PENDAHULUAN

Bab tentang pendahuluan meliputi beberapa sub-bab, yaitu: Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian.

  1. LATAR BELAKANG MASALAH

Melalui sub-bab latar belakang masalah, penulis mencoba menjawab pertanyaan: “mengapa penelitian ini diperlukan?” munculnya masalah penelitian biasanya berawal dari kepedulian peneliti tentang fenomena yang terjadi dilingkungannya dan merupakan kenyataan di lapangan yang terlihat berbeda dari yang diharapkan. Masalah penelitian pada hakikatnya muncul dari kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Peneliti berupaya mengkaji dan mencari tahu fokus masalah dari fenomena yang teramati melalui pengamatan awal (pra-survey) yang telah ia lakukan. Untuk itu, penulisan latar belakang masalah bermula dari pemaparan tentang hal-hal ideal dan diharapkan terjadi, kemudian diikuti dengan penyajian hasil amatan awal yang berupa fenomena lapangan. Selanjutnya penulis menjelaskan eksistensi kesenjengan antara harapan dan kenyataan, dan ditutup dengan pernyataan atau penegasan tentang masalah utama penelitian dan perlunya penelitian itu dilakukan.

  1. RUMUSAN MASALAH

Masalah Penelitian harus dirumuskan dengan baik. Perumusan masalah lazimnya dinyatakan dalam bentuk pertanyaan yang menyangkut hubungan antarvariabel penelitian.

  1. TUJUAN PENELITIAN.

Tujuan penelitian mengemukakan hal apa saja yang hendak dicapai melalui penelitian ini. Oleh karena itu, tujuan penelitian harus diungkapkan secara singkat dan jelas. Tujuan penelitian paralel dengan rumusan masalah penelitian.

  1. MANFAAT PENELITIAN

Perlu dikemukakan secara singkat dan jelas manfaat apa yang dipetik dari temuan penelitian ini, dapat berupa sumbangan terhadap pengembangan IPTEK dan institusi terkait.

BAB II

KAJIAN TEORI

  1. KAJIAN TEORI

Pada bagian ini, penulis menguraikan teori dan berusaha menjawab pertanyaan: “Definisi variabel manakah dalam literatur yang paling sesuai untuk penelitian  ini? untuk mengkaji masalah penelitian, peneliti perlu membahas teori-teori dan penelitian yang relevan dengan variabel yang diteliti, guna mendapatkan wawasan yang lebih luas dan jelas tentang suatu variabel. Dengan demikian, penulis membangun argumen teoritis bahwa dengan tindakan tertentu dimungkinkan dapat meningkatkan mutu proses serta hasil pendidikan dan pembelajaran, bukan untuk membuktikan teori. Bab ini diakhiri dengan pertanyaan penelitian dan/atau hipotesis tindakan.

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

  1. LOKASI PENELITIAN

Bagian ini berisi uraian Tempat Penelitian, Subjek Penelitian, Waktu dan Lama Penelitian, serta hal lain mungkin berpengaruh pada masalah yang diteliti. Jika perlu dilampirkan peta lokasi.

  1. RANCANGAN PENELITIAN

Pada bagian ini prosedur rancangan penelitian hendaknya dirinci dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi yang bersifat daur ulang atau siklus. Tunjukkan siklus-siklus kegiatan penelitian dengan menguraikan indikator keberhasilan yang dicapai dalam setiap siklus sebelum pindah ke siklus lain. Jumlah siklus diusakahan lebih dari satu siklus, meskipun harus diingat juga jadwal kegiatan belajar disekolah.

SIKLUS I PERENCANAAN: 

Identifikasi masalah dan penetapan alternatif pemecahan masalah

  1. Merencanakan pembelajaran yang akan diterapkan dalam PBM.
  2. Menentukan pokok bahasan
  3. Mengembangkan skenario pembelajaran
  4. Menyusun Lembar Kerja Siswa (LKS)
  5. Menyiapkan sumber belajar
  6. Mengembangkan format evaluasi
  7. Mengembangkan format observasi pembelajaran
TINDAKAN
  1. Menerapkan tindakan mengacu pada skenario dan LKS.

 

PENGAMATAN
  1. Melakukan observasi dengan memakai format observasi.
  2. Menilai hasil tindakan dengan menggunakan format LKS.
REFLEKSI
  1. Malakukan evaluasi tindakan yang trlsh dilakukan yang meliputi evaluasi mutu, jumlah dan waktu dari setiap macam tindakan.
  2. Melakukan pertemuan untuk membahas hasil evaluasi tentang skenario, LKS, dan lain-lain.
  3. Memperbaiki pelaksanaan tindakan sesuai hasil, untuk digunakan pada siklus berikutnya.
  4. Evaluasi tindakan I.
SIKLUS II PERENCANAAN
  1. Identifikasi masalah dan penetapan alternatif pemecahan masalah.
  2. Pengembangan program tindakan II
TINDAKAN
  1. Pelaksanaan program tindakan II
PENGAMATAN
  1. Pengumpulan data tindakan II
REFLEKSI
  1. Evaluasi tindakan II
Siklus-siklus berikutnya
Kesimpulan, Saran.
  1. SUMBER DATA

Data yang baik adalah data yang diambil dari sumber yang tepat dan akurat. Dalam hal ini untuk menetapkan sumber data dalam penelitian harus dipikirkan dengan matang apa dan siapa yang akan dijadikan sumber data.

Contoh data adalah hasil pengamatan, tindakan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi, dan tes.

Contoh Sumber adalah siswa, guru.

  1. INSTRUMEN PENELITIAN.

Instrumen adalah alat pada waktu peneliti menggunakan sesuatu metode. Misalnya (metode tes adalah tes atau soal tes dan non tes, metode angket atau kuesioner, metode observasi adalah chek-list, metode dokumentasi adalah pedoman dokumentasi)

  1. ANALISIS DATA

Bagian ini menjelaskan teknik analisis data, misalnya bagaimana pengelompokkan data dilakukan, bagaimana kesimpulan diambil, dan kapan analisis mulai dilakukan. Jika mengikuti langkah-langkah yang dikemukakan Spradley, cukup menyebutkan langkah-langkahnya dan memberi sedikit penjelasan sesuai dengan apa yang anda maksud. Dalam pelaksanaan PTK ada dua jenis data yang dapat dikumpulkan peneliti:

  1. Data Kuantitatif (nilai hasil belajar siswa) yang dapat dianalisis secara deskriftif. Misalnya: mancari nilai rata-rata, persentase keberhasilan belajar, dll.
  2. Data Kualitatif yaitu data berupa informasi berbentuk kalimat yang memberi gambaran tentang ekspresi siswa tentang tingkat pemahaman terhadap suatu mata pelajaran. Misalnya: aktivitas belajar, percaya diri, motivasi balajar, perhatian, antusias dalam belajar.

BAB IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. HASIL PENELITIAN

Hasil penelitian disusun berdasarkan tema-tema yang ditemukan dalam analisis terhadap data penelitian. Hendaknya dirujuk kembali apakah telah ditemukan apa yang menjadi tujuan penelitian, dan apakah ada temuan baru yang diperoleh.

BAB V

PENUTUP

  1. SIMPULAN

Bagian ini mengemukakan secara ringkas temuan penelitian, baik temuan umum maupun temuan khusus. Simpulan penelitian berkaitan dengan diskusi hasil analisis. Peneliti menyajikan inti sari dan pokok-pokok temuan penelitian yang boleh jadi di luar fokus penelitian namun dalam lingkup masalah penelitian.

  1. SARAN

Saran merupakan inti dari implikasi yang menurut peneliti dapat diterapkan oleh pihak yang memerlukan dengan mengikuti prosedur operasional yang disarankan. Pada saat menyusun saran, peneliti perlu memperhatikan:

  1. Kepada siapa saran ditujukan
  2. Solusi apa yang disarankan
  3. saran harus jelas dan konkret
  4. saran tidak menyimpang dari temuan, dan
  5. saran bersifat spesifik dan operasional
Di Kirim Oleh : Rahmad ( BKM )
Putra Pagurawan

—————————————————————————————00000000000————————————————————————————————————-

3 Komentar (+add yours?)

  1. Evi Azra Rahmad
    Des 31, 2010 @ 16:33:43

    kombinasikan Design warna tulisan dengan warna latar blog agar terlihat indah dan menarik untuk dibaca,
    bagusnya warna latar blog diganti dengan warna netral seperti putih,
    tulisan PAGURAWAN disamping mengganggu/kurang menarik.coba abah posisikan di atas pojok sebelah kiri..

    Balas

  2. Rahmad, M.Pd
    Des 31, 2010 @ 17:51:00

    terimakasih telah memuat tulisan ini..
    semoga bermanfaat//

    Balas

  3. hamsyaruddin
    Feb 04, 2011 @ 10:27:48

    nah,,,ini baru anak desa wang kampung tp succes di perantauan,,,,terlebih lagi kalau ada niat tuk membangun desa yang tercinta……………….mentransformasikan ilmu yang didapat……………insyaAllah ganjaran pahala yang akan diberikan oleh Allah…………………. rasulullah bersabda ””’ barang siapa yang menunjukkan suatu kebajikan dan orang yang ditunjukkan kebajikan tersebut menjalaninya maka orang yang memberikan kebajiakan akan diberi kan ganjaran pahala…… semoga kita semua mengambil andilllllllllllllllllllllll…..dan mendapatkannya………… amin……………………..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: